Dalam pembahasan kita kali ini saya akan membagikan informasi
tentang kegunaan ITIL dan COBIT.
Sebagaimana kita ketahui COBIT atau Control
OBjective of Information and related Technology merupakan
sebuah pedoman bagi pengelolaan IT termasuk input, proses, output, serta process control yang terbagi kedalam 4 obyektif dan 34
area kunci. Masing-masing obyektif tersebut adalah: Planing & Organization (PO), Acquisition & Implementation (AI), Delivery
& Support (DS) dan Monitoring.
Sedangkah ITIL merupakan
sebuah kerangka pengelolaan layanan IT yang terbagi kedalam proses dan fungsi.
Dua area/modul dalam ITIL, yaitu Service
Support dan Delivery kemudian menjadi CORE dalam ITIL versi
2, yang kemudian kita kenal
dengan IT Service Management.
Apabila dilihat dari
posisi kedua pendekatan tersebut, maka dapat kita lihat hubungan secara
langsung diantara Delivery & Support (COBIT) dan ITSM. Dimana COBIT mengatur
masalah obyektif yang harus dicapai oleh sebuah organisasi dalam memberikan
layanan IT, sedangkan ITIL merupakan best practice cara-cara pengelolaan IT untuk mencapai
obyektif organisasi. Sehingga dapat dikatakan bahwa COBIT dan ITIL merupakan
dua pendekatan dalam IT Governance dan tata kelola layanan teknologi informasi
yang saling melengkapi. Apabila dibedah lebih jauh, relavansi ITIL tidak hanya
berhenti di area Deliveri & Support, tetapi bisa kita petakan ke area COBIT lainnya.
Sedikit saja yang
bisa saya bagikan tentang pembahasan kali ini semoga bermanfaat untuk
teman-teman J
Tidak ada komentar:
Posting Komentar